TC Perdana Timnas Basket Indonesia di Gelar di Jakarta

Tiuppeluit.com – Tim nasional basket berencana kembali training center pada 17 Agustus. Pemilihan tanggal menyesuaikan dengan kondisi pembatasan sosial berskala besar di Jakarta.

Pelatnas timnas basket semula akan digelar Juli. Tapi melihat kondisi COVID-19 dan terbentur aturan pemerintah sehingga jadwal latihan ikut mundur menjadi pertengahan Agustus.

Padahal, latihan harus cepat dilakukan guna mengejar persiapan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 windows dua pada November 2020.

“Tadinya kami akan mulai latihan pada 10 Agustus tapi karena PSBB diperpanjang sampai 13 Agustus jadi kami memundurkan pemanggilan pemain menjadi 14 atau 15 Agustus mendatang,” kata Manajer Timnas Basket Fareza Maulana Tamrella kepada Tiuppeluit, Selasa (4/8/2020).

Toh, sebut pria yang karib disapa Mocha ini, pada tanggal tersebut psbb di Jakarta memasuki fase kedua. Dalam arti, sudah bisa melakukan kegiatan olahraga bersentuhan badan di dalam ruangan.

“Jadi sekitar pertengahan Agustus kami panggil pemain, kemudian mereka di-swab test, dan jika hasilnya sesuai harapan, dan lapangan bisa disewakan maka 17 Agustus kami bisa memulai latihan,” dia menjelaskan.

“Sebenarnya itu tanggal merah tapi itu waktu yang baik untuk memulai latihan. Sebab, itu hari Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Tidak hanya pemain, pelatih asing timnas basket Rajko Toroman, juga akan tiba di Jakarta di waktu yang sama dengan pemanggilan pemain.

“Karena kami akan informasikan kepada coach Toro juga sehingga 15 Agustus dia bisa datang, ikut tes PCR, dan bisa langsung melatih,” lanjutnya.

Walaupun begitu, Fareza, juga tetap menunggu hasil swab test perdana yang akan mereka lakukan. “Jika hasilnya reaktif maka harus karantina 14 hari, kalau tidak ya bisa langsung latihan,” kata dia.

Diketahui, Kualifikasi FIBA Asia Cup berlangsung dalam tiga tahapan. Windows pertama telah bergulir Februari lalu, timnas basket masih menyisakan dua windows lainnya.

Windows kedua akan berlangsung pada 27-30 November 2020 dan windows ketiga pada 18-21 Februari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *