F1 GP Spanyol Lewis Hamilton Berhasil Mendapatkan Posisi Terdepan

Tiuppeluit.com – Lewis Hamilton semakin terdepan dalam usaha merebut gelar juara dunia Formula 1 2020. Hal itu setelah pebalap Mercedes tersebut kembali meraih kemenangan di GP Spanyol.

Di Sirkuit Barcelona, Minggu (16/8/2020), Hamilton yang start terdepan tak terusik sama sekali sejak awal balapan. Ia pun melewati 66 lap tanpa gangguan untuk meraih kemenangan.

Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, mengalami kesulitan di awal lomba. Ia harus puas menduduki posisi kedua, dengan catatan waktu 24,177 detik di belakang Hamilton. Pebalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas, ada di posisi ketiga.

Duo Racing Point, Lance Stroll dan Sergio Perez, ada di posisi ke-4 dan 5. Carlos Sainz Jr, Sebastian Vettel, Alexander Albon, Pierre Gasly, dan Lando Norris berturut-turut finis di urutan lima hingga sepuluh.

Di balapan ini, hanya pebalap Ferrari, Charles Lecrec, yang gagal finis. Ia mengalami masalah mesin di lap ke-38 dan akhirnya tak bisa melanjutkan lomba tiga lap berselang.

F1 GP SpanyolHasil lomba F1 GP Spanyol. Foto: F1

Jalannya Balapan di F1 GP Spanyol 2020

F1 GP Spanyol dimulai! Hamilton melesat di depan, Verstappen dan Stroll sukses menerobos ke urutan kedua. Sedangkan Bottas yang start di grid kedua tergelincir ke posisi keempat. Perez juga turun dari posisi keempat dan kelima.

Tak butuh waktu lama bagi Bottas untuk kembali ke tiga besar! Sistem DRS sudah boleh dipakai sejak lap ketiga dan ia pun sukses menyalip Stroll di lap kelima. Sementara itu, duo Ferrari, Leclerc dan Vettel, masih tercecer di posisi ke-9 dan 11.

Memasuki lap ke-10, Hamilton masih terdepan, Verstappen membuntuti dengan jarak 1,5 detik saja. Bottas juga membuntuti di belakang. Red Bull Racing diapit oleh dua mobil Mercedes.

Jarak Hamilton dan Verstappen kembali melebar. Sebelumnya, Verstappen mulai mengeluhkan bannya. Di lap ke-15, keduanya sudah berjarak nyaris 4 detik. Radio tim Mercedes pun menyuruh Hamilton untuk terus memperlebar jarak keunggulan. Belum ada yang masuk pit stop sejauh ini.

Verstappen semakin mengeluhkan ban belakangnya. Ia semakin tertinggal dari Hamilton. Di lap ke-22, pebalap Belanda itu masuk pit untuk mengganti ban menjadi medium. Ia lalu kembali ke trek dengan berada di posisi ketiga, sedikit di depan Stroll.

Sementara itu, duo Mercedes baru masuk pit di lap ke-24. Hamilton kembali ke trek dengan status masih sebagai pemimpin balapan, sedangkan Bottas harus merelakan kembali posisi kedua pada Verstappen. Ferrari mulai menyodok, Leclerc di posisi ke-6 dan Vettel ke-7.

Pit stop Ferrari tak begitu bagus. Sampai lap ke-32, Leclerc tercecer ke posisi 12 dan Vettel di urutan 14. Sementara itu, pebalap Renault Daniel Ricciardo merangsek ke posisi 4, di depan Stroll dan Perez. Tiga besar masih belum berubah.

Leclerc mengalami masalah di lap ke-38. Mobilnya berputar dan mesinnya mati. Ia akhirnya bisa kembali ke trek, namun di posisi terbelakang.

Lap ke-42, Verstappen kembali masuk pit untuk kedua kalinya, kembali memakai ban medium. Ia lalu kembali dengan menempati posisi ketiga, tertinggal nyaris 20 detik dari Hamilton.

Sementara itu, Leclerc akhirnya tak sanggup melanjutkan balapan. Sedangkan rekan setimnya, Vettel, berhasil masuk ke posisi 7 di lap ke-44.

Vettel terus maju ke depan, dan sudah ada di posisi kelima pada lap 47. Verstappen kembali menyodok ke posisi kedua, ketika Bottas masuk ke pit untuk kali kedua untuk berganti menjadi ban lembut.

Lap ke-51, Hamilton masuk ke pit untuk kedua kalinya. Ia memakai ban medium, dan kembali ke trek dengan tetap memimpin balapan, meski jarak waktunya terpangkas menjadi kurang dari 10 detik dari Verstappen.

Di lap ke-53, Vettel lewat radio memutuskan untuk memakai strategi satu pit stop saja. Ia tak mau kehilangan posisi kelima miliknya, terbaik sejauh ini di F1 2020.

Vettel disalip! Stroll, dari posisi ke-6, menyalakan sistem DRS-nya, membuat Ferrari melorot ke posisi ke-6 di lap ke-57. Sainz Jr dari Mclaren kembali menyalipnya di lap ke-60, Vettel pun turun lagi ke posisi ketujuh.

FINIS! Hamilton berhasil menjadi pemenang F1 GP Spanyol 2020! Verstappen kedua, dan Bottas melengkapi podium kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *